Facebook

Icon Icon Icon Icon Follow Me on Pinterest

Kamis, 28 Juni 2012

Fadhilah Bulan Sya'ban

الترغيب والترهيب - (ج 2 / ص 71)
عن أسامة بن زيد رضي الله عنهما قال قلت يا رسول الله لم أرك تصوم من شهر من الشهور ما تصوم من شعبان
 قال ذاك شهر يغفل الناس عنه بين رجب ورمضان وهو شهر ترفع فيه الأعمال إلى رب العالمين وأحب أن يرفع عملي وأنا صائم
 رواه النسائي

" Dari Usamah Bin Zaid Ra dia berkata, " Aku bertanya kepada Rasulullah saw, aku belum pernah melihatmu berpuasa di sebagian bulan sya'ban dari beberapa bulan, engkau tidak berpuasa di bulan sya'ban, Beliau menjawab, " ini adalah bulan yang dilalaikan oleh para manusia, antara bulan rajab dan bulan ramadhan, yaitu bulan diangkatnya beberapa amal perbuatan kepada Tuhan  semesta alam, sedangkan aku lebih suka amalku diangkat sedangkan aku dalam keadaan berpuasa "

الترغيب والترهيب - (ج 2 / ص 73)
وعن عائشة رضي الله عنها قالت قام رسول الله صلى الله عليه و سلم من الليل فصلى فأطال السجود حتى ظننت أنه قد قبض فلما رأيت ذلك قمت حتى حركت إبهامه فتحرك فرجعت فسمعته يقول في سجوده أعوذ بعفوك من عقابك وأعوذ برضاك من سخطك وأعوذ بك منك إليك لا أحصي ثناء عليك أنت كما أثنيت على نفسك فلما رفع رأسه من السجود وفرغ من صلاته قال يا عائشة أو يا حميراء أظننت أن النبي صلى الله عليه و سلم قد خاس بك قلت لا والله يا رسول الله ولكني ظننت أنك قبضت لطول سجودك فقال أتدرين أي ليلة هذه  قلت الله ورسوله أعلم  قال هذه ليلة النصف من شعبان إن الله عز و جل يطلع على عباده في ليلة النصف من شعبان فيغفر للمستغفرين ويرحم المسترحمين  
" Dari 'Aisyah Ra dia berkata, " Raasulullah saw bangun pada malam hari kemudian sholat lalu memanjangkan sujudnya hingga aku menyangka bahwa Beliau telah tiada, ketika aku tahu hal itu, aku bangun sampai aku gerak-gerakkan ibu jari beliau kemudian beliau bergerak dan aku kembali lagi, aku mendengar Beliau berdo'a didalam sujudnya, " Aku berlindung dengan maaf-Mu dari siksa-Mu dan aku berlindung dengan ridha-Mu dari murka-Mu dan aku berlindung dengan pertolongan-Mu dari-Mu kepada-Mu yang tidak bisa aku hitung pujian-pujian kepada-Mu seperti Engkau telah memuji diriMu sendiri" ketika Beliau mengangkat kepala bangkit dari sujud dan menyelesaikan sholatnya, Beliau berkata, " Wahai 'Aisyah, atau Wahai Perempuan yang wajahnya berwarna kemerah-merahan, adakah engkau menyangka bahwa Nabi Saw telah berdusta terhadapmu ? " aku menjawab, "tidak, demi Allah wahai Rasulallah, akan tetapi aku mengira bahwa engkau telah meninggal sebab sujudmu yang lama" kemudian Beliau berkata, " Apakah kamu tahu, malam apa ini ? " aku menjawab, " Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu" beliau berkata, " ini adalah malam pertengahan di bulan sya'ban, sesungguhnya Allah 'Azza Wajalla melihat atas hamba-Nya pada malam pertengahan bulan sya'ban, Dia mengampuni hamba-Nya yang minta ampun dan mengasihi hamba-Nya yang minta belas kasih.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers