Facebook

Icon Icon Icon Icon Follow Me on Pinterest

Senin, 16 Juli 2012

TIK Masuk Pesantren



" Konsep Bela Negara Pesantren Berbasis Dakwah Menggunakan Teknologi Informasi Dalam Rangka Menciptakan Masyarakat Indonesia Yang Berakhlaqul Karimah dan Berbudi Pekerti Yang Baik " merupakan salah satu tema yang dimunculkan dalam acara "Workshop TIK Masuk Pesantren " yang dilaksanakan di Ponpes Nurul Ikhlas Sepande Candi Sidoarjo mulai tanggal 14-16 Juli 2012 yang diikuti oleh beberapa pondok pesantren di Jawa Timur yang terdiri dari Ponpes lirboyo (kediri),langitan(tuban), anwarut taufik(batu malang), nurul haromain (pujon ), nurul ikhlas (sidoarjo),azzahir(probolinggo) arrisalah (kediri), al azazhar (tulungagung) yang di bawah jaringan Majlis Muwasholah Ulama' Muslimin. Kegiatan ini merupakan terobosan baru yang didukung oleh 3 lembaga besar yaitu Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Surabaya, PT Telkom Indonesia, dan Majlis Muwasholah Ulama' Muslimin dengan memberikan bekal pengetahuan kepada generasi muslim yang berbasis pesantren tentang Hardware, social media dan live streaming yang pada nantinya dapat dipergunakan sebagai media dakwah dalam penyebaran syari'at islam.

Semua santri yang mengikuti workshop TIK Masuk Pesantren ini, merupakan Santri Informatika yang pada saat kembali di pesantrennya masing-masing mendapatkan tugas untuk memenuhi dunia online ini dengan konten-konten islami sebagai perimbangan dari konten-konten yang negatif.

Pada mulanya acara ini merupakan langkah awal untuk mempersiapkan tayangan-tayangan live streaming khusus di bulan Ramadhan mendatang. Namun dalam forum diskusi yang dipimpin oleh Bapak Novianto selaku tiim relawan darai UPM Surabaya didukung oleh PT Telkom, akan mengadakan acara yang sama di beberapa titik pada saat ramadhan berakhir. Diharapkan setelah pelatihan ini, semua peserta diharapkan men-live-kan acara di pondoknya masing-masing pada bulan Ramadhan, sehingga manfaatnya dapat dinikmati oleh masayarakat di seluruh dunia ini sekaligus menjadi syi'ar islam.

2 komentar:

Followers