Facebook

Icon Icon Icon Icon Follow Me on Pinterest

Senin, 05 Juli 2010

Zakat barang dagangan

Masalah :Apakah petani cengkeh, tembakau, karet dan lain-lain tanaman yang tidak termasuk bahan makanan pokok waktu ikhtiyar itu wajib zakat, karena dianggap barang dagangan ?

Jawab :
Tidak wajib zakat menurut madzhab Imam SyafiI, kecuali kalau tanah dan bibitnya dari bahan dagangan dan tidak niat diperdagangan. Akan tetapi kalau kita bertaqlid pada Madzhab Hanafi, maka wajib zakat secara mutlak.

Dasar pengambilan :
1. Tuhfatul Muhtaj III / 295
نعم لو كان كلّ من الأرض والبذر الّذى زرع هو فيها أرض تجارة كأن اشترى كلّ منهما بمتاع التّجارة أو بنيّة التّجارة كان منه مال التّجارة تجب الزّكاة بشرطها كما يأتى عن العناب وغيره إلى أن قال وأمّا إذا كان أحدهما للقنية فلا يكون النّابت حينئذ مال التجارة
Artinya:
Betul jika sesuatu dari bumi dan biji yang ditanam pada bumi itu untuk berdagang, seperti setiap satu dari keduanya dibeli dengan harta perdagangan maka yang tumbuh darinya menjadi harta perdagangan yang wajib mengeluarkan zakan dengan syarat-syaratnya seperti yang akan datang dari Al Ubbab dan lainnya. Sampai dengan kata-kata: adapun jika salah satu keduanya untuk qinayah (murni bukan untuk dagang) maka segala yang tumbuh bukan dinamakan perdagangan

2. Al Muhadzab I / 159

ولا يصير العرض للتّجارة إلاّ بشرطين أحدهما أن يملكه بعقد يجب فيه العوض كالبيع والاجارة والنّكاح والخلع. والثّانى أن ينوى عند ......أن يتملّكه للتّجارة إنتهى
Artinya:
Tidak secara otomatis harta menjadi harta perdagangan kecuali dengan dua syarat :
Satu cara pemilikan dengan aqad (transaksi) yang ada iwad (pengganti) seperti persewaan, jual beli, nikah dan

3. Al Itsmidul Ainain 48
مسألة: أفاد أيضا أن مذهب أبى حنيفة وجوب الزّكاة فى كلّ ما خرج من الأرض إلاّ حطبا أو قصبا أو حشيشا ولا يعتبر نصابا. وعند.....أحمد فيما يؤكل أو يوزن أو يدّخر للقوت ولا بدّ من النّصاب عند مالك كالشافعى
Artinya:
(Masalah) memberi pengertian pula: Sesungguhnya sesungguhnya madzhab Abu HAnifah wajib mengeluarkan zakat bagi setiap penghasilan bumi, kecuali kayu atu bambu atau rumput-rumputan dan tidak memandang nishab (batas minimum). Mennurut Imam Ahmad wajibzakat bagi setiap sesuatu yang dimakan atau ditimbang, atau disimpan untuk makanan pokok dan harus mencapai nishab menurut Imam Malik dan Imam Syafi'i.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers