Facebook

Icon Icon Icon Icon Follow Me on Pinterest

Kamis, 08 Juli 2010

Iqomatul Jum'at di dalam kapal

Iqomatul Jum'at di dalam kapal
Iqomatul Jum'at di dalam kapal
Top  Previous  Next

Masalah :
Kalau ada kapal yang punya anak seratus orang muslimin ditugaskan berlayar selama sebelas bulan misalnya. Apakah mereka wajib iqomatul jumah di dalam kapal tersebut ? apakah sah ?

Jawab :
Tidak wajib iqomatu jumah. Dan apabila melaksanakannya tidak sah dan tidak khilaf (perbedaan pendapat) di antara Imam Madzhab empat.

Dasar pengambilan :
1. Al Mizan Al Kubro I
ومن ذلك قول الشافعي لا تصحّ الجمعة إلا فى أبنية يستوطنها من تنعقد بهم الجمعة مع قول بعضهم لا تصحّ الجمعة إلاّ فى قرية اتّصلت بيوتها ولها مسجد وسوق مع قول أبى حنيفة إنّّ جمعة لا تصحّ إلاّ فى مصر لهم سلطان
Artinya:
Termasuk hal tersebut adalah pendapat Imam Syafii yaitu : tidak sah jumatan kecuali bagi orang yang menetap (berumah tangga) pada suatu bangunan dan dianggap sah mereka untuk memenuhi syarat jumah. Juga pendapat sebagaian ulama yaitu : tidak sah jumatan kecuali dala suatu desa yang rumahnya berdekatan dan ada masjid, dan pasar di desa itu. Juga pendapat Abu Hanifah yang mengatakan : seseungguhnya jumatan tidak sah kecuali di suatu kota yang punya kepala negara.

2. Hamisy Al Qulyuby I / 672
ولو لم يلازمه أبدا بأن انتقلوا عنه فى الشتاء أو غيره فلا جمعة عليهم جزما ولا تصحّ منهم فى موضعهم
Artinya:
Meskipun mereka tidak menetap selamanya, seperti halnya, mereka berpindah dari tempatnya pada waktu musim hujan atau lainnya, maka bagi mereka tidak wajib jumatan, dan tidak sah mereka melakukan jumatan di tempat mereka.

3. Adalah Dien Wal Haj 58

اجتمعت الأئمة على أنّ المسافر لا تجب عليه الجمعة إلاّ إذا نوى الإقامة أربعة أياّم تامّة، وإنّها لا تصحّ إلاّ فى دار الإقامة، وعلى ذلك فلا تصحّ صلاة الجمعة فى الباخرة ولا فى غرفة لأنّهما ليسا بدار الإقامة
Artinya:
Telah sepakat beberapa Imam bahwa, musafir (orang yang bepergian) tidak wajib baginya jumatan. Kecuali bila ia niat bermukim selama empat hari penuh. Dan jumatannya juga tidak sah, kecuali di daerah pemukiman. Dengan demikian tidak sah jumatan dilakukan di kapal laut dan di kamar-kamaran, karena keduanya bukan termasuk bagian dari desa pemukiman.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers