Facebook

Icon Icon Icon Icon Follow Me on Pinterest

Jumat, 09 Juli 2010

Nabi Khidlir

Masalah :
Masih hidupkah Nabi Khidlir itu ? dan bagaimana orang yang mengaku bertemu dengan Nabi Khidlir ? padahal di dalam Al Quran ada ayat :
وما جعلنا لبشر من قلبك الخلد
Jawab :
Tentang masih hidup dan matinya Nabi Khidlir AS terdapat perbedaan pendapat, akan tetapi kebanyakanUlama menyatakan masih hidup. Adapun kemungkinan bertemu dengan Nabi Khidlir AS itu bisa saja terjadi.

Dasar pengambilan :
1. Tafsir Al Khozin III / 209
واختلف العلماء فى أنّ الخضر، أحيّ أم ميّت، وقيل إنّه حيّ وهو قول الأكثرين من العلماء، وهو متفق عليه عند مشايخ الصوفية وأهل الصلاح والمعرفة. والحكاية فى رؤيته والإجتماع به و وجوده فى المواضع الشريفة و مواطن الخير أكثر من أن تحصى
Artinya:
Terjadi perselisihan di antar para Ulama apakah Nabi Khidlir masih hidup atau sudah mati ? dikatakan bahwa Nabi Khidlir masih hidup dan itu perkataan / pendapat kebanyakan para Ulama. Dan itu merupakan kesepakatan bagi para guru-guru sufi (ahli tasawuf) dan ahli kebaikan serta ahli marifat. Dan juga cerita tentang terlihatnya Nabi Khidlir dan berkumpulnya. Dan masih nampak pada tempat-tempat yang mulya dan tempat-tempat baik yang banyak tidak terhitung.

2. Tafsir Munir II / 370
(وما جعلنا لبشر من قبلك الخلد) البقاء فى الدنيا (أفإن مُتّ) يا أشرف الخلق (فهم خالدون) فى الدنيا أي إن مُتّ أنت يا خاطم الرسل أفى يبقى هؤلاء حتّى سيموت بموتك. ومثاله ما فى الصاوى
Artinya:
Dan saya tidak menjadikan manusia sebelum kamu (Muhammad) yang kekal di dunia, adakalanya kamu mati, wahai lebih mulya makhluk, mereka adalah kekal di dunia, artinya : jika kamu mati wahai Rasul terakhir apakah mereka kekal ? sampai mau mati dengan matimu.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers