Facebook

Icon Icon Icon Icon Follow Me on Pinterest

Senin, 31 Mei 2010

Ta'addudul Jum'ah

Masalah :
Adakah qoul yang membolehkan taaddudul jumah yang jaraknya kurang dari ketentuan yang telah ditentukan dalam hukum fiqih?

Jawab :
Tidak ada kecuali karena sulit untuk berkumpul atau qoul dloif yang tidak boleh difatwakan.

Dasar Pengambilan Dalil:
1. Jamurrisalah fi taaddudil jumatain.
الْقَدِيْم أَنَّ أَقَلَّهُمْ اثْنَا عَشَرَ . ثُمَّ إِنَّ تَقْلِيْدَ الْقَوْلِ الْقَدِيْمِ أَوْلىَ مِنْ تَقْلِيْدِ الْمُخَالِفِ ِلأَنَّهُ لاَ يَحْتَاجُ أَنْ يُرَاعِيَ مَذْهَبَ الْمُقَلَّدِ بِفَتْحِ اللاَّمِ فِي الْوُضُوْءِ وَالْغُسْلِ وَبَقِيَّةِ الشُّرُوْطِ ، وَهَذَا يَعْسُرُ عَلىَ غَيْرِ الْعَارِفِ ، فَالتَّمَسُّكُ (بِأَقْوَالِ اْلإِمَامِ الضَّعِيْفَةِ أَوْلىَ مِنَ الْخُرُوْجِ إِلىَ الْمَذْهَبِ الآخَرِ (غير المناسب)
Artinya:
Menurut qoul qodim, bahwa sedikitnya ahli jamaah juat adalah 12. kemudian taqlid (mengikuti) qoul qodim itu lebih utama dari pada mengikuti yang menentang, karena ia harus menjaga madzhab yang diikuti dalam masalah wudlu, mandi dan semua syarat-syaratnya. Hal ini akan menyulitkan bagi orang yang tidak mengerti. Kemudian berpegang teguh pada pendapat-pendapat imamnya (satu madzhab) dengan qoul dloif itu lebih baik dari pada ia sampai keluar pada madzhab yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers