Facebook

Icon Icon Icon Icon Follow Me on Pinterest

Minggu, 30 Mei 2010

Menggembala binatang di kuburan

Masalah:
Bagaimana hukumnya mengembala binatang di maqbaroh dan bagaimana juga hukumnya makan di maqbaroh?

Jawab :
Memasukan binatang di kuburan itu haram kalau kuatir mengotori dan menajisi. Kalau tidak hukumnya makruh.

Dasar Pengambilan Dalil:
1. Bughyah al-Murtasyidin, hal. 98
إِدْخَالُ الدَّوَابِّ الْتُرْبَةَ وَإِيْطَاؤُهَا الْقُبُوْرَ مَكْرُوْهٌ كَرَاهَةً شَدِيْدَةً أَشَدَّ مِنْ وَطْءِ اْلآَدَمِيْ بِنَفْسِهِ وَقَدْ قَالَ غَيْرُ وَاحِدٍ بِحُرْمَةِ الْجُلُوْسِ عَلىَ الْقَبْرِ لِحَدِيْثِ مُسْلِمٍ لَكِنْ حَمَلَهُ الْجُمْهُوْرُ عَلىَ الْجُلُوْسِ لِقَضَاءِ الْحَاجَةِ وَلاَ شَكَّ أَنَّ مَنْ رَأَى دَابَّةً تَبُوْلُ عَلىَ قَبْرٍ يَجِبُ عَلَيْهِ زَجْرُهَا وَإِنْ كَانَتْ غَيْرَ مُكَلَّفَةٍ فَهُوَ الْمُكَلَّفُ . وَتَشْتَدُّ الْكَرَاهَةُ فِي قَبْرٍ مَشْهُوْرٍ بِالْوِلاَيَةِ أَوِ الْعِلْمِ فَكَيْفَ بِالْمَشْهُوْرِ بِهِمَا كَسَيِّدِىْ إِسْمَاعِيْلَ الْحَضْرَمِيِّ ، بَلْ يُخَافُ عَلىَ فَاعِلِ ذَلِكَ أَنْ يَكُوْنَ مِنْ مُعَادِيْهِمْ الْمَأْذُوْنِ بِالْحَرْبِ فِي الْحَدِيْثِ الْقُدْسِيِّ ، ِلأَنَّ الْمَيِّتَ يَتَأَذَّى مِمَّا يَتَأَذَّى مِنْهُ الْحَيُّ . وَأَمَّا جَعْلُ الْعَجُوْرِ يَعْنِيْ عَلَفَ الْمَوَاشِيْ وَالطَّعَامِ فِي الْمَقْبَرَةِ وَشُغْلُ شَيْءٍ مِنْهَا فَحَرَامٌ مُطْلَقًا. وَأَمَّا اْلأَكْلُ فِي الْمَقَابِرِ فَمَكْرُوْهٌ كَمَا هُوَ فِي أَسْبَابِ الْقُوَّةِ ص.85، وَعِبَارَتُهُ: وَيُكْرَهُ اْلأَكْلُ فِي السُّوْقِ بِمَرْأَى النَّاسِ وَفِي الطَّرِيْقِ وَعِنْدَ الْمَقَابِرِ وَعِنْدَ الْجَنَازَةِ .
Artinya:
Memasukkan binatang ketanah kuburan dan menginjaknya kuburan itu sangat makruhnya di banding kemakruhan orang (anak adam) menginjak dengan dirinya sendir. Dan banyak ulama yang berpendapat haram duduk-duduk diatasnya, karena dasar hadits muslim, jumhurul ulama mengartikan haram duduk diatas kubur itu untuk qodli hajat (kencing / berak). Tidak ada keraguan bagi orang yang melihat hewan piaraan kencing diatas kuburan wajib mencegahnya, meskipun binatang itu bukan mukallafah (terbebani hukum) tapi orang yang melihat adalah mukalaf. Menjadi sangat parah kemakruhannya bila kuburan itu milik orang terkenal/tokoh dengan kekuasaan atau keilmuan (ulama), apalagi dia terkenal dari keduanya (alim juga penguasa) seperti syekh ismail al-hadromiy, bahkan dihawatirkan hal itu (pelakunya) termasuk penentang yang boleh diperangi menurut hadits Quds, karena mayat akan merasa sakit seperti sakitnya orang yang hidup. Adapun menjadikan tempat makannya binatang dikuburan, makan-makanan dikuburan dan menyibukkan sesuatu dari makan di kubur itu haram secara mutlaq.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers