Facebook

Icon Icon Icon Icon Follow Me on Pinterest

Rabu, 05 Mei 2010

Wakaf untuk Masjid dipakai I'tikaf

Masalah:
Ada tanah wakaf untuk masjid, bolehkah di pakai untuk Itikaf?

Jawab:
       Apabila tanah yang dimaksud wakif itu adalah “aku jadikan tanah ini sebagai masjid” maka walaupun belum di bangun masjid Itikaf di atas tanah tersebut hukumnnya sah. Tetapi apabila yang dimaksud wakaf tersebut adalah tamlik kepada masjid dan oleh nadzir belum (tidak diresmikan) atau belum dibangun masjid. Maka hukumnya Itikaf diatas tanah tersebut tidak sah.

Dasar Pengambilan Dalil:
1. (قَوْلُهُ فِى الْمَسْجِدِ) اى الْخَالِصِ الْمَسْجِدِيَّةِ فَلاَ يَصِحُّ الإِعْتِكَافُ فِى غَيْرِ الْمَسْجِدِ كَالْمَدَارِسِ وَالرّباط وَمُصَلىَّ الْعِيْدِ.
Artinya:
Kata pengarang (dimasjid) artinya yang murni masjid , maka tidak sah Itikaf diselain masjid, seperti dimadrasah, pondok, dan tempat-tempat sholat id.

1. Al-mahali, 11/76
قَوْلُهُ : ( فِي الْمَسْجِدِ ) وَمِنْهُ رَوْشَنُهُ وَرَحْبَتُهُ الْقَدِيمَةُ الخ.
Artinya:
       Kata pengarang (dimasjid) yang termasuk dihukumi masjid adalah emperannya, serambinya yang bangunan dulu (bersama dengan dalamannya masjid).

2. Fatha al-wahab, I : 128
وَ ) ثَانِيهَا ( مَسْجِدٌ ) لِلاتِّبَاعِ رَوَاهُ الشَّيْخَانِ فَلاَ يَصِحُّ فِي غَيْرِهِ وَلَوْ هُيِّئَ لِلصَّلاَةِ .
Artinya:
Yang kedua : harus masjid dengan dasar hadits Nabi yang diriwayatkan imam bukhori dan muslim, maka tidak sah Itikaf diselain masjid meskipun disediakan untuk sholat.
3. Syarwani, VI : 251
وَ ) اْلأَصَحُّ وَإِنْ نَازَعَ فِيهِ اْلإِسْنَوِيُّ وَغَيْرُهُ ( أَنَّ قَوْلَهُ : جَعَلْتُ الْبُقْعَةَ مَسْجِدًا ) مِنْ غَيْرِ نِيَّةٍ صَرِيحٌ فَحِينَئِذٍ ( تَصِيرُ بِهِ مَسْجِدًا ) وَإِنْ لَمْ يَأْتِ بِلَفْظٍ مِمَّا مَرَّ ِلأَنَّ الْمَسْجِدَ لاَ يَكُونُ إلاَّ وَقْفًا
Artinya:
Menurut yang asoh, meskipun ditentang imam asnawi dan lainnya bahwa perkataan seseorang : “saya jadikan tempat ini menjadi masjid” dengan tanpa niat itu shorih wakaf, maka dengan demikian (tempat itu) akan menjadi masjid. Meskipun dengan lafadz-lafadz yang telah tersebut diatas, karena masjid itu pasti wakaf. (tidak ada masjid yang bukan wakaf).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers