Facebook

Icon Icon Icon Icon Follow Me on Pinterest

Sabtu, 22 Mei 2010

Kegiatan kumpulan kematian

Masalah:
Banyak di pedasaan, perkotaan kegiatan-kegiatan social yang dilakukan oleh umat islam yang dinamakan kumpulan
kematian dengan syarat /perjanjian antara lain:
Tiap anggota harus membayar Rp. 50,_ tiap bulan
Tiap-tiap anggota yang meninggal dunia mendapat belanja kematian rata-rata Rp. 2000,-

Pertanyaan:
Bagi anggota yang sudah lama, sudah barang tentu jumlah uang yang dibayarkan tiap bulan tadi cukup banyak misalnya. Misalnya Rp. 5000,- tetapi anadaikata anggota tersebut wafat tentunya dia hanya mendapat bantuan  belanja kematian dari kumpulan tadi sebesar Rp. 2000,- sehingga menurut perhitungan uang anggota tersebut masih sisa Rp. 3000,-
Uang sisa tadi menjadi milik siapa?
Bagi anggota yang masih baru sudah barang tentu uang yang dibayarkan kepada kumpulan masih sedikit, misalnya Rp. 500,- tetapi andaikata dia wafat maka tentu akan mendapat belanja kematian sebanyak Rp. 2000,-

Jawab:
       Uang tersebut milik jamiyyah.

Dasar Pengambilan dalil:
1. Dalilu al-falihin jilid. II : 576-577
عَنْ أَبِيْ مُوْسَى اْلأَشْعَرِيّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ الأَشْعَرِيِّيْنَ إِذَا أَرْمَلُوْا ( فَنِيَ أَزْوَادُهُمْ ) فِي الْغَزْوِ وَقَلَّ طَعَامُهُمْ بِالْمَدِيْنَةِ ( أى مَحَلِّ إِقَامَتِهِمْ ) جَمَعُوْا مَا كَانَ عِنْدَهُمْ فِي ثَوْبٍ وَاحِدٍ ثُمَّ اقْتَسَمُوْا بَيْنَهُمْ فِي إِناَءٍ وَاحِدٍ بِالسَّوِيَّةِ فَهُمْ مِنِّيْ وَأَناَ مِنْهُمْ ( مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ ). قَالَ الْمُصَنِّفُ وَلَيْسَ الْمُرَادُ مِنَ الْقِسْمَةِ هُنَا الْمَعْرُوْفَةَ فِي كُتُبِ الْفِقْهِ بِشُرُوْطِهَا..الخ
Artinya:
Dari abi musa al-asari Ra. Ia berkata : Rosulullah Saw, bersabda: sesungguhnya golongan asari kehabisan bekal di pertempuran, atau semakin menipis makanan keluarganya dikota (madinah). Maka mereka semua mengumpulkan apa yang ada disisinya pada pakaian satu, kemudian membaginya diantara mereka semua dengan sama dalam satu tempat. Mereka semua golongan saya dan saya adalah termasuk dari golongan mereka. (HR. mutafaq alaih).

2. Takmilah al-majmu, XIII : 155
قَدْ يُقَالُ إِنَّ عُقُوْدَ التَّأْمِيْنِ تَجْرِى دَائِمًا مَعَ شَرَكَاتٍ مُسَاهمَة يُمْكِنُ أَنْ تُعْتَبَرَ شَرَكَاتٍ تَعَاوُنِيَّةٍ عَلىَ الْخَيْرِ وَالْبِرِّ يَتَعَاوَنُ أَصْحَابُ اْلأَسْهم...الخ 
Artinya:
Terkadang dikatakan sesungguhnya transaksi (ikatan) kepercayaan berlaku selamanya bersama perkumpulan yang terbagi (giliran) bisa jadi dikatakan perkumpulan taawuniyah (tolong menolong) atas kebaikan , dan berbuat baik untuk menolong teman-teman yang masuk dalam daftar giliran.

3. Asy syarwani, VI : 298
أَمَّا الْهِبَةُ لِلْجِهَةِ الْعَامَّةِ فَإِنَّ الْغَزَالِيَّ جَزَمَ فِي الْوَجِيزِ بِالصِّحَّةِ وَتَوَقَّفَ فِيهِ الرَّافِعِيُّ ثُمَّ قَالَ وَيَجُوزُ أَنْ يَقُولَ : الْجِهَةُ الْعَامَّةُ بِمَنْزِلَةِ الْمَسْجِدِ فَيَجُوزُ تَمْلِيكُهَا بِالْهِبَةِ كَمَا يَجُوزُ الْوَقْفُ عَلَيْهَا وَحِينَئِذٍ فَيَقْبَلُهَا الْقَاضِي اهـ. وَقَضِيَّةُ إلْحَاقِ الْهِبَةِ لِلْجِهَةِ الْعَامَّةِ بِالْوَقْفِ عَلَيْهَا فِي الصِّحَّةِ أَنْ لاَ يُشْتَرَطَ الْقَبُولُ اهـ .
Artinya:
Adapun hibah ( pemberian) untuk tujuan /jalan yang umum, maka imam ghozali dalam kitab al-wajiz menyakini atas diperbolehkannya dan imam al-rofiI diam dalam hal itu. Kemudian ia menyatakan boleh jika dikatakannya : tujuan yang umum itu menempati kedudukan masjid maka boleh memberikan hak milik dengan hibah. Seperti bolehnya waqof terhadapnya maka yang menerima adalah al-Qodhi. Persesuaian menyamakan hibah untuk umum dengan waqof padanya didalam keafsahanya adalah tidak ada syarat harus diterima.

4. Al-jamililahkamil Quran Qurtubi, hal. 33
يَاأَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا أَوْفُوْا بِالْعُقُوْدِ . قَالَ الزُجَاجُ الْمَعْنَى : أَوْفُوْا بِعَقْدِ اللهِ عَلَيْكُمْ وَبِعَقْدِكُمْ بَعْضِكُمْ عَلىَ بَعْضٍ.
Artinya:
Wahai orang-orang yang beriman tepatilah dengan janji. Az zujaj berkata artinya : tepatilah kalian semua dengan janji Allah atas kalian semua dan janji kalian, sebagian diantara kalian dengan sebagian yang lain

5. Riyadlu sl-sholihin wa-syarhi dalailu al-falahin, II : 576-577

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers