Facebook

Icon Icon Icon Icon Follow Me on Pinterest

Minggu, 21 Juni 2009

Seorang Salik Thoriqoh Qodiriyah

Seorang Salik Thoriqoh Qodiriyah wa Naqsabandiyah yang diamalkan adalah Dzikir Itsbat dan Dzikir Khofiy lafdzul jalalah dengan disertai terlebih dahulu dengan tawasul dan istighfar, sholawat dan surat ikhlas sebagaimana sudah maklum.
Pertanyaan :
a. Apakah juga wajib dibaca muqoddimah (pendahuluan-pendahuluan tersebut) di dalam mengqodlo’ wirid ?

Jawab :
Pada dasarnya tawassul dengan menyebut muassis al thoriqoh baik qodiriyah, naqsabandiyah dan yang lainnya pada saat melaksanakan dzikir adalah tidak wajib.

 جامع الأصول من الأولياء : الشيخ ضياء الدين الكمشحانوي ص 24
(باب ادب الذكر ) و أما أدب الذكر فتقديم الطهارة عن الحدث و الخبث و صلاة ركعتين عند البعد يقرأ فى الأولى قل يآايها الكافرون و فى الثانى الإخلاص و المعوذتين الى ان قال : ثم يتوسل بمرشده ليشفع له عند ربه و يلاحظ كأنه ملجأ ناظر الى المرشد بين عينيه اما بالرؤية ... او من اهلها بالايقان و الوجدان ثم يقول عند نقشبندية بالقلب او باللسان " الهي انت مقصودي و رضاك مطلوبي " ثلاثا تأكيدا الى أنه لا مقصود الا الله الأجل الأعلى بل الشيخ واسطة بينه و بين ذاته الجليلة لقوله تعالى وابتغوا اليه الوسيلة.
سعادة الدارين على سيد الكونين : الشيخ يوسف النبهاني ٬ ص :
و الأدب مقدم على العمل
b. Mengapa (apa alasannya) di dalam tawasul thoriqoh tersebut tidak Syekh Bahauddin An Naqsyabandy, padahal beliau Muassis Thoriqih An Naqsyabandiyah ?

Jawab :
Mauquf

c. Mengapa dalam silsilah Thoriqoh Qodiriyah Naqsyabandiyah tidak menyertakan Syekh Bahauddin An Naqsyabandi ? Mohon penjelasan !

Jawab :
Mauquf
2. Deskripsi Masalah :
Di lingkungan ahli Thoriqoh banyak yang melaksanakan Sholat Tsubutul Iman yang dilakukan sebelum melaksanakan kegiatan khususiyah atau sebelum kegiatan-kegiatan yang lain baik pada pagi / sore atau malam hari.
Pertanyaan :
a. Adakah hadits yang shohih yang menerangkan tentang Sholat tsubutul Iman ?

Jawab :
Belum ditemukan hadist shohih yang menerangkan tentang sholat tsubutul iman tetapi ada hadist yang menerangkan sholat sunnah ba’dal maghrib dengan tujuan untuk khifdul iman .
 اعانة الطالبين 258 – 259
(فائدة) قال الفشني: قال النبي (ص): من أحب أن يحفظ الله عليه إيمانه فليصل ركعتين بعد سنة المغرب، يقرأ في كل ركعة فاتحة الكتاب وقل هو الله أحد ست مرات والمعوذتين مرة مرة. وقال في المسلك: فإذا سلم رفع يديه وقال بحضور قلب: اللهم إني أستودعك إيماني في حياتي وعند مماتي وبعد مماتي، فاحفظه علي إنك على كل شئ قدير، ثلاثا.

b. Waktu apakah yang tepat untuk melaksanakan Sholat tsubutul Iman ?
Jawab :
Berdasarkan hadist tersebut, maka waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat khifdzul iman yang dikategorikan sholat tsubutul iman adalah ba’dal maghrib

1 komentar:

Followers