PERTANYAAN
:
Wahyunya
Indah
Assalamu'alaikum..... Ijin
tanya untuk para alim dan sedulur PISS-KTB bagaimana hukumnya demonstrasi jika
dilihat dr sudut pandang Islam,salam ta'dzim untuk semua warga PISS-KTB,....
^_^
JAWABAN
:
>
Ghufron Bkl
Demo boleh bila tidak
menimbulkan bahaya pada orang lain. [ Lihat ihya' ulumuddin 2/338 ].
>
Ilman Nafi'an
Adapun brkata kasar pd
pemerintah (yang korup) sepert mengatakan "wahai pemerintah yg dzolim atau org2
yg takut kepada allah"maka hal itu d tafshil:-kalau bahayanya berimbas kepda org
lain maka tdk d perbolehkam-apbila bahayanya hanya mengenai diri sendiri maka d
perbolehkan dan bahkan d sunnahkan.
Pertentangan yg beresiko
dan untk menjelaskan kemungkaran tanpa memperdulika kesalamatan jiwaya dan
pertentangan krena adanya macam2 pnyiksaan mrupakan kebiasaan ulama salaf agar
mereka menjadi syuhada'.nabi SAW brsabda:sebaik2ya syuhada' adalah hamzah bin
'abdul muthollib,kmudian sesorang yg brdiri menghdap pemimpin kmudian memerintah
dan melarang apa yg d larang dan d perintah allah kemdian pemimpin itu
membunuhya krn perbuatan laki2 itu.nabi SAW brsbda:lbh utama2ya jihad adlah
mengatakan yg haq d hadapan pemimpin yg sewenang2. [ ihya' 'ulumud din 2/337
].
>
Mbah Jenggot II
Hasil Bahtsul Masail FMPP
1995 Ploso Kediri
Unjuk rasa ( upaya
melahirkan rasa kekecewaan serta tuntutan hak ) apabila hak tersebut dibenarkan
syara’,dan dengan cara yang juga dibenarkan syara’, hukumnya boleh dan bahkan
bisa wajib. Referensi :
1. Is’adurrofiq juz 2 hal.
139
2. Al Ihya’ Ulumuddin juz 2
hal. 347 – 348
3. Tafsir Al Qur’anil
‘Adzim juz 1 hal. 229
4. Al Majalisus Saniyah
hal. 99
5. Tafsir Ibnu Katsir juz 1
hal. 229
6. Mafrohul Qulubil Mahzun
hal. 63
1.
إسعاد الرفيق ج:2 ص:139 الهداية { ومنها الوصال} ولو نفلا للنهى عنه وفسره فى
المجموع بأن يصوم يومين فأكثر من غير تناول مطعوم عمدا والتعبير بمطعوم للغالب
فالجماع يمنعه وليست العلة الضعف فقط وإلا لم تزل الحرمة بتناول قطرة ماء ليلا بل
مع مراعاة أن ذلك من خصوصياته عليه الصلاة والسلام ففطن الناس عنه ولذا لو ترك غير
الصائم الأكل يومين لم يحرم 2. المجالس السنية ص :99 طه فوترا ولنذكر جملة من أنواع
الظلم والضرر ليكون الشخص منها على حذر من ذلك المكس وأكل مال اليتيم والمماطلة بحق
عليه مع قدرته على وفائه الى أن قال .... ومن الظلم والضرر أيضا عدم إيفاء الأجير
حقه اهـ 3. التفسير لابن كثير ج :1 ص :229 شركة النور آسيا{وأنفقوا فى سيبل الله
ولا تلقوا بأيديكم الى التهلكة} وذلك أن رجالا كانوا يخرجون فى بعوث يبعثها رسول
الله صلى الله عليه وسلم بغير نفقة فإما أن يقطع بهم وإما كانوا عيالا فأمرهم الله
أن يستنفقوا مما رزقهم الله ولا يلقوا بأيديهم الى التهلكة والتهلكة أن يهلك الرجال
من الجوع والعطش او من المشى اهـ
Wallahu A'lam Bis
showaab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar